Pelatihan Tutor PKBM Citra Bangsa

Dunia pendidikan tidak akan dapat berkembang bila tidak ada suatu kegiatan yang dapat mendukung perkembangan pendidikan itu sendiri, baik pendidikan non formal maupun pendidikan formal. Tidak terkecuali dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dari lembaga ini. Oleh karena itu, PKBM Citra Bangsa pada hari minggu, 26 Februari 2012 kemarin mengadakan pelatihan bagi tutor yang mengajar di PKBM Citra Bangsa dengan tujuan memberikan suatu perkembangan bagi tutor dalam cara mengajar bagi siswa pendidikan kesetaraan. Selain itu hasil dari pelatihan ini dapat juga digunakan untuk kegiatan mengajar di pendidikan formal. Dengan judul materi "Teknik mengajar menggunakan STAD (Student Team Achievement Division)" yang dijelaskan oleh Mas Trian dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), diharapkann para tutor yang ada di PKBM Citra Bangsa ini dapat menjadi pelopor bagi di dunia pendidikan non formal dalam menggunakan teknik mengajar tersebut. 
Suasana kegiatan pelatihan tutor



Ada satu hal yang harus dibanggakan, dan juga sempat membuat kami para tutor kaget ketika mentor yang akan menjelaskan materi pelatihan merupakan seorang tunanetra. Namun dalam segala keterbatasannya, si mas Trian dengan penuh semangat yang menggebu - gebu memberikan penjelasan materi dengan sangat baik kepada para tutor sehingga peserta pelatihan ikut terbawa semangatnya untuk memperhatikan penjelasan materi yang dibawakan olehnya. 
Peserta pelatihan sedang melakukan peregangan sebelum kegiatan dimulai
Pelatihan yang berjalan selama kurang lebih 3 jam ini akhirnya selesai jam 1 siang, dan ditutup dengan kegiatan relaksasi agar para peserta merasa lebih fresh dan nanti semua materi yang telah diajarkan pada saat pelatihan ini berlangsung dapat langsung diterapkan. Kami berharap pelatihan ini tidak hanya sekali ini saja diadakan, namun terus berjalan seiring perkembangan pendidikan di negara kita.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer